Skip to main content

4 Metode Pengukuran Kepuasan Pelanggan yang wajib kalian ketahui

 

Pengukuran Kepuasan Pelanggan

Dengan keadaan bisnis yang sangat kompetitif saat ini ini, dimana tingkatan persaingan yang besar dengan differensiasi produk serta jasa yang begitu bermacam- macam, hingga kepuasan serta loyalitas pelanggan jadi sesuatu perihal yang sangat berarti. Pada industri kepuasan serta loyalitas pelanggan jadi sangat berarti buat tingkatkan keuntungan sehingga industri bisa senantiasa melindungi ikatan baik dengan pelanggan. Pengukuran kepuasan pelangga merupakan element sangat penting dalam memberikan pelayanan yang baik.

Bagi Phillip Kotler( 1994), pengukuran tingkatan kepuasan konsumen bisa dicoba dengan metode:

1. Sistem keluhan serta saran

Suatu industri yang berfokus pada pelanggan hendak memudahkan pelanggannya buat membagikan anjuran, komentar serta keluhan mereka. Media yang digunakan meliputi kotak anjuran yang diletakkan di tempat- tempat strategis, saluran telepon spesial serta sebagainya. Namun tata cara ini cenderung pasif, sehingga susah memperoleh cerminan lengkap kepuasan serta tidak kepuasan. Tidak seluruh pelanggan yang tidak puas hendak mengantarkan keluhannya. Dapat saja langsung tidak jadi pelanggan lagi serta bergeser ke industri lain.

2. Survey kepuasan pelangga

Industri tidak bisa memakai tingkatan keluhan selaku dimensi kepuasa pelangganIndustri yang reseptif mengukur kepuasan Konsumen dengan mengadakan survei berkala, ialah memberikan catatan soal ataupun menelpon secara acak dari pelanggan buat mengenali perasaan mereka terhadap bermacam kinerja industri.. Tidak hanya itu juga bisa ditanyakan kinerja dari industri saingannya.

3. Pelanggan bayangan ataupun ghost Shopping

Tata cara ini dilaksanakan dengan memperkerjakan sebagian orang( ghost shopper) buat berfungsi selaku pelanggan potensial produk industri serta pesaing. Kemudian ghost shopper itu mengantarkan temuan- temuannya menimpa kekuatan serta kelemahan produk industri pesaing cocok pengalaman mereka dalam pembelian bahan- bahan tersebut.

4. Analisis pelanggan yang beralih

Pihak industri berupaya menghubungi para pelanggannya yang sudahberhenti jadi pelanggan ataupun bergeser ke industri lain, buat mendapatkan data dalam pengambilan kebijakan berikutnya buat tingkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan

Dengan mengagendakan program pengukuran kepuasan pelanggan secara berkala hendak membagikan banyak khasiat untuk industri, serta tingka kepuasan konsumen yang lebih besar. Dalam jangka panjang, hendak lebih menguntungkan mempertahankan pelanggan loyal daripada terus menerus menarik serta membina pelanggan baru buat mengambil alih pelanggan yang berangkat. Pelanggan yang sangat puas hendak menyebarkan cerita positif dari mulut ke mulut serta malah hendak jadi iklan berjalan untuk sesuatu industri, yang pastinya hendak merendahkan bayaran buat menarik pelanggan baru.

 

 


Comments